Langsung ke konten utama

Unggulan

Quiz Rekayasa Perangkat Lunak

  QUIS RPL Pert 15 (Review Pert 9 sd 14) Syafiil Ummah (17191042) 1. A (OBJEK) 2. A (STATE) 3. B (ENKAPSULASI) 4. C (PROSEDUR/FUNGSI) 5. C (TOP DOWN) 6. A (ARSITEKTUR SISTEM PL) 7. B (IMPLASI) 8. E (TAMPILAN DATA) 9. E (KINERJA) 10. C (KONEKTOR) 11. A (PERENCANAAN NAVIGASI) 12. A (TAMPILAN YANG AKAN DI LIHAT OLEH USER) 13. C (MENEMUKAN TAMPILAN DAN MEKANISME INTERAKSI) 14. D (WAKTU UNTUK KE PASAR) 15. B (STRUKTUR LINIER) 16. A (PENGUJIAN APLIKASI WEB) 17. B (KEBENARAN APLIKASI YANG DI SAJIKAN) 18. C (INTEROPERABILITAS) 19. D (CLIENT-SIDE SCRIPTING) 20. E (UNTUK MEMPALIDASI BAHWA SETIAP UNIT SEMANTIK NAVIGASI DAPAT DI CAPAI OLEH KATEGORI PENGGUNA YANG TEPAT) 21.B (IMPLEMENTASI) 22. C (SISTEM HOST) 23. D (KOMPONEN) 24. E (MANAGEMENT KONFIGURASI) 25. A (PEMELIHARAAN PREVENTIF)

Grafika Komputer - Pertemuan 12 - Proyeksi

 

 Grafika komputer – Pertemuan 12 Proyeksi

Ø  Proyeksi

-         Proyeksi adalah metode menggambarkan benda tiga dimensi pada bidang 2 dimensi.

-         Ada 2 cara melakukan proyeksi :

Ø Proyeksi parallel : semua garis parallel akan tampak parallel pada bidang proyeksi.

Ø Proyeksi perspektif : semua garis parallel akan menghilang dititk pusat proyeksi.



Ø Proyeksi Paralel

-         Ada dua macam proyeksi parallel :

·        Proyeksi Orthograpic

·        Proyeksi Oblique

-         Proyeksi Orthographic adalah proyeksi dengan mata tegak lurus terhadap bidang proyeksi.

-         Proyeksi Oblique adalah proyeksi dengan mata berada dilokasi yang tidak tegak lurus terhadap bidang proyeksi.

Ø Proyeksi Orthographic

-         Proyeksi orthographic dibagi menjadi 2 macam :

·        Pandangan Multiview Orthographic

·        Pandangan Axonometric yang dibagi menjadi 3 macam :

o   Isometric : proyeksi dimana 3 muka dipendekkan dalam ukuran yang sama.

o   Dimetic : proyeksi dimana 2 muka benda dipendekkan dalam ukuran yang sama.

o   Trimetric : proyeksi dimana 2 muka dipendekkan dalam ukuran yang berbeda.

Ø Proyeksi Multiview Orthographic

-         Proyeksi ini diperoleh dengan menolakan salah satu koordinat sesuai dengan sumbu proyeksi.

-         Terhadap bidang xy : Q(x,y) = P(x,y,z)

-         Terhadap bidang xz : Q(x,z) = P(x,y,z)

-         Terhadap bidang yz : Q(y,z) = P(x,y,z)



Ø Proyeksi Axonometric


Ø Proyeksi Oblique

-         Memproyeksikan kegaris sejajar yang tidak tegak lurus terhadap bidang proyeksi.

-         Dibagi menjadi 2 macam :

·        Cavalier

·        Cabinet



Ø Proyeksi Perspektif

-         Proyeksi perspektif bergantung pada dua variable : lokasi mata dan bidang proyeksi.




-         Dengan bidang proyeksi adalah bidang xy dan titik terletak di sumbu z sejauh E maka titik hasil proyeksi akan z = 0 apabila :


-         Dengan E> z

Ø Contoh Proyeksi Perspektif

Diketahui sebuah benda dengan vertex-vertex dan edge seperti tabel dibawah ini, lakukan proyeksi perspektif jika E terletak di z=10 dan z=20 :




 


 

Komentar

Postingan Populer