Unggulan
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Grafika Komputer Pertemuan 4 - Resume Warna
Pertemuan 4
Grafika
Komputer – Resume Warna
o Warna
Warna sebenarnya
merupakan persepti kita terhapadap pantulan cahaya dari benda-benda.
o
Cahaya
Cahaya merupakan energi elektromagnetik.
Cahaya dapat dibagi menjadi dua bagian :
· Cahaya terlihat (visible light) yaitu bagian
dari energi elektromagnetik dengan panjang gelombang 400-700 nm (nanometer).
·
Cahaya tidak
terlihat (invisible light) yaitu bagian dari energi elektromagnetik
dengan panjang gelombang < 400 nm atau > 700 nm.
Mata manusia hanya peka terhadap panjang gelombang 400 -700 nm dan
perbedaan panjang gelombang tersebut dipersepsikan sebagai 'warna'.
o
Spectrum Warna
Bagaimana manusia melihat warna?
Bagian mata yang sensitif terhadap cahaya
disebut sebagai retina, retina berisi dua macam kelompok sel yaitu : rod dan
cone.
§
Rods
Ø Hanya dapat membedakan terang dan gelap (hitam / putih)
Ø Mata mempunyai 120 juta rod
Ø Tidak sensitif terhadap warna
§ Cones
Ø Bagian retina yang peka terhadap warna
Ø Mata mempunyai 60 juta cones
Ø Ada tiga macam cones, masing-masing peka terhadap warna merah (L), biru
(S) dan hijau (M).
Ø Dapat membedakan 200 warna sekaligus
Fovea adalah arena di retina yang berisi cones
Berukuran 1/150 inch
Fovea hanya mempunyai sudut pandang sebesar 1,7 derajad. Diluar itu
gambar terlihat kabur.
Setiap cones di
fovea mempunyai satu jalur syaraf ke otak dan dapat mengirim 'gambar' sekaligus
(paralel)
Bandingkan : Video Kamera mempunyai 400.000 sensor tetapi hanya dapat
mengirim 'gambar' satu persatu (stream).
Bagaimana Warna Dibuat?
Warna dapat
diproduksi berdasarkan dua cara :
Substractive Colour
Additive Colour
Substractive :
warna dihasilkan sebagai akibat dari diserapnya warna tertentu.
Tinta cetak
Additive : warna
dihasilkan sebagai campuran dari warna yang dipancarkan oleh sumber cahaya.
Monitor
Representasi
Warna Di Komputer
Ada berbagai cara untuk menghasilkan warna menggunakan komputer.
Beberapa model
warna yang digunakan antara lain :
RGB
HSV / HSB
HLS
CMY(K)
CIE
RGB (Red, Green, Blue)
Warna diperoleh dari campuran tiga warna dasar (primary color), yaitu :
Red, Green, Blue
Setiap komponen
warna disimpan sebagai angka dari 0-255 (0-FF), dengan
0 = tidak ada komponen
255 = komponen digunakan penuh
CMY (K) / Cyan, Magenta,
Yellow, Black
Menggunakan warna dasar (primary color) : Cyan, Magenta, Yellow dan
Black.
Warna lain
diperoleh karena campuran warna dasar menyerap warna dasar dan memantulkan
warna yang diinginkan.
|
|
RGB dan CMY (K)
HSV/B (Hue, Saturation,
Value/Brightness)
HSB merupakan
sistem warna yang menggunakan ukuran :
Hue : warna yang diinginkan, diukur dengan nilai 0o-360o, dengan 0o=
red,12o=green, 240o=blue
Saturation : keaslian warna, diukur dengan nilai 0% -100%. Nilai 0
menyatakan warna putih dan 100% menyatakan warna asli
Value / Brightness : pengaruh kecerahan, 0% menyatakan tidak ada cahaya (hitam) dan 100% menyatakan warna putih.
HLS (Hue, Lightness,
Saturation)
Menggunakan ukuran
:
Hue : warna yang diinginkan, diukur dengan nilai 0o-360o, dengan 0o=
red,12o=green, 240o=blue
Lightness : pengaruh warna putih, nilai maksimum Lightness menyatakan
warna putih sedangkan nilai minimum menyatakan warna hitam.
Saturation : keaslian warna, diukur dengan nilai 0% -100%. Nilai 0
menyatakan warna putih dan 100% menyatakan warna asli.
CIE
CIE (Commission
Internationale d'Eclairage) mendefinisikan tiga sumber cahaya hipotetis x,y,z
yang menggunakan kurva positif dari spektrum.
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Postingan Populer
Pertemuan 14 Grafika Komputer - OpenGL & GLUT
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya












Komentar
Posting Komentar