Langsung ke konten utama

Unggulan

Quiz Rekayasa Perangkat Lunak

  QUIS RPL Pert 15 (Review Pert 9 sd 14) Syafiil Ummah (17191042) 1. A (OBJEK) 2. A (STATE) 3. B (ENKAPSULASI) 4. C (PROSEDUR/FUNGSI) 5. C (TOP DOWN) 6. A (ARSITEKTUR SISTEM PL) 7. B (IMPLASI) 8. E (TAMPILAN DATA) 9. E (KINERJA) 10. C (KONEKTOR) 11. A (PERENCANAAN NAVIGASI) 12. A (TAMPILAN YANG AKAN DI LIHAT OLEH USER) 13. C (MENEMUKAN TAMPILAN DAN MEKANISME INTERAKSI) 14. D (WAKTU UNTUK KE PASAR) 15. B (STRUKTUR LINIER) 16. A (PENGUJIAN APLIKASI WEB) 17. B (KEBENARAN APLIKASI YANG DI SAJIKAN) 18. C (INTEROPERABILITAS) 19. D (CLIENT-SIDE SCRIPTING) 20. E (UNTUK MEMPALIDASI BAHWA SETIAP UNIT SEMANTIK NAVIGASI DAPAT DI CAPAI OLEH KATEGORI PENGGUNA YANG TEPAT) 21.B (IMPLEMENTASI) 22. C (SISTEM HOST) 23. D (KOMPONEN) 24. E (MANAGEMENT KONFIGURASI) 25. A (PEMELIHARAAN PREVENTIF)

Grafika Komputer Pertemuan 4 - Resume Warna

 

Pertemuan 4

Grafika Komputer – Resume Warna

o  Warna

Warna sebenarnya merupakan persepti kita terhapadap pantulan cahaya dari benda-benda.

 


o   Cahaya

Cahaya merupakan energi elektromagnetik.

Cahaya dapat dibagi menjadi dua bagian :

·       Cahaya terlihat (visible light) yaitu bagian dari energi elektromagnetik dengan panjang gelombang 400-700 nm (nanometer).

·        Cahaya tidak terlihat (invisible light) yaitu bagian dari energi elektromagnetik dengan panjang gelombang < 400 nm atau > 700 nm.

Mata manusia hanya peka terhadap panjang gelombang 400 -700 nm dan perbedaan panjang gelombang tersebut dipersepsikan sebagai 'warna'.

 

o   Spectrum Warna

 


 

Bagaimana manusia melihat warna?



Bagian mata yang sensitif terhadap cahaya disebut sebagai retina, retina berisi dua macam kelompok sel yaitu : rod dan cone.

 

 

§  Rods

Ø Hanya dapat membedakan terang dan gelap (hitam / putih)

Ø Mata mempunyai 120 juta rod

Ø Tidak sensitif terhadap warna

 

§  Cones

Ø Bagian retina yang peka terhadap warna

Ø Mata mempunyai 60 juta cones

Ø Ada tiga macam cones, masing-masing peka terhadap warna merah (L), biru (S) dan hijau (M).

Ø Dapat membedakan 200 warna sekaligus

 

 Bagaimana Manusia Melihat Warna?



Fovea adalah arena di retina yang berisi cones

Berukuran 1/150 inch

Fovea hanya mempunyai sudut pandang sebesar 1,7 derajad. Diluar itu gambar terlihat kabur.

Setiap cones di fovea mempunyai satu jalur syaraf ke otak dan dapat mengirim 'gambar' sekaligus (paralel)

Bandingkan : Video Kamera mempunyai 400.000 sensor tetapi hanya dapat mengirim 'gambar' satu persatu (stream).




 

 

Bagaimana Warna Dibuat?

 


Warna dapat diproduksi berdasarkan dua cara :

Substractive Colour

Additive Colour

Substractive : warna dihasilkan sebagai akibat dari diserapnya warna tertentu.

Tinta cetak

Additive : warna dihasilkan sebagai campuran dari warna yang dipancarkan oleh sumber cahaya.

Monitor

 

Representasi Warna Di Komputer

 

Ada berbagai cara untuk menghasilkan warna menggunakan komputer.

Beberapa model warna yang digunakan antara lain :

RGB

HSV / HSB

HLS

CMY(K)

CIE

 

 

RGB  (Red, Green, Blue)

 


Warna diperoleh dari campuran tiga warna dasar (primary color), yaitu : Red, Green, Blue

Setiap komponen warna disimpan sebagai angka dari 0-255 (0-FF), dengan

0 = tidak ada komponen

255 = komponen digunakan penuh

 

CMY (K) / Cyan, Magenta, Yellow, Black

 

 

Menggunakan warna dasar (primary color) : Cyan, Magenta, Yellow dan Black.

Warna lain diperoleh karena campuran warna dasar menyerap warna dasar dan memantulkan warna yang diinginkan.

 


 

RGB dan CMY (K)

 


HSV/B (Hue, Saturation, Value/Brightness)

 


HSB merupakan sistem warna yang menggunakan ukuran :

Hue : warna yang diinginkan, diukur dengan nilai 0o-360o, dengan 0o= red,12o=green, 240o=blue

Saturation : keaslian warna, diukur dengan nilai 0% -100%. Nilai 0 menyatakan warna putih dan 100% menyatakan warna asli

Value / Brightness : pengaruh kecerahan, 0% menyatakan tidak ada cahaya (hitam) dan 100% menyatakan warna putih.

HLS (Hue, Lightness, Saturation)

 


Menggunakan ukuran :

Hue : warna yang diinginkan, diukur dengan nilai 0o-360o, dengan 0o= red,12o=green, 240o=blue

Lightness : pengaruh warna putih, nilai maksimum Lightness menyatakan warna putih sedangkan nilai minimum menyatakan warna hitam.

Saturation : keaslian warna, diukur dengan nilai 0% -100%. Nilai 0 menyatakan warna putih dan 100% menyatakan warna asli.

 

 

CIE

 

CIE (Commission Internationale d'Eclairage) mendefinisikan tiga sumber cahaya hipotetis x,y,z yang menggunakan kurva positif dari spektrum.

 

 


 



 

Komentar

Postingan Populer